Cara Mengobati Kaki Keseleo dengan Metode RICE


Cara Mengobati Kaki Keseleo dengan Metode RICE


cara mengobati kaki keseleo

Anda yang aktif berolahraga demi menjaga agar badan tetap bugar dan sehat walau usia semakin bertambah, mungkin pernah mengalami keseleo yang menyebabkan bagian tubuh terasa nyeri jika digerakkan. Keseleo dalam dunia medis dikenal dengan nama sprain, atau berarti cidera pada bagian sekitar persendian atau ligamen.
Pada manusia, ligamen adalah jaringan yang fleksibel dan kuat, penghubung antara tulang-tulang di persendian. Jika salah bergerak dan ligamen tertekan terlalu kuat atau tertarik terlalu lebar, maka yang terjadi adalah ligamen bisa cidera atau robek, yang akhirnya menyebabkan rasa sakit dan dalam beberapa kasus membengkak.
➡ Baca Juga Cara Mengobati Rematik Secara Alami
Keseleo paling sering terjadi menyerang kaki di bagian pergelangan kaki, bisa juga pada persendian ibu jari atau pergelangan tangan. Seseorang yang mengalami keseleo akan memiliki tanda-tanda seperti berikut:
Tanda-Tanda Keseleo:
  • Sendi terasa nyeri ketika digerakkan.
  • Mengalami pembengkakan di bagian sendi.
  • Sendi menjadi kaku karena tidak digerakkan secara maksimal, pergerakan akan membuat sendi semakin sakit.
  • Warna kulit di sekitar sendi berubah menjadi warna merah atau kebiru-biruan.
Keseleo sendiri tingkat keparahannya juga bermacam-macam. Seseprang bisa saja hanya mengalami keseleo ringan, yang membuat daerah di sekitar persendian tidak bisa digerakkan ke arah tertentu, namun masih mungkin untuk digerakkan ke arah lainnya. Ada pula orang yang mengalami keseleo yang bisa terbilang parah, sampai-sampai tidak bisa sama-sekali berjalan atau menggerakkan bagian yang terkena keseleo. Berikut merupakan tingkat-tingkat keparahan keseleo:
Tingkatan-Tingkatan Keseleo
  • Tingkat 1 (ringan) : terjadinya perobekan pada bagian ligamen yang sangat sedikit sehingga menyebabkan sendi kurang stabil dan terasa sedikit nyeri.
  • Tingkat 2 (sedang) : robekan ligamen lebih besar, namun tidak sampai pecah. Cukup serius namun penderita masih bisa sedikit menggerakkan persendian.
  • Tingkat 3 (berat) : ligamen pada persendian sudah pecah karena robeknya cukup parah. Terkadang orang sering salah mengartikannya sebagai patah tulang, karena memang rasa sakitnya mirip dan persendian sudah tidak mungkin digerakkan lagi karena akan menyebabkan sakit yang amat sangat.

Cara Mengobati Kaki Keseleo

Jangan panik dan buru-buru ketika Anda atau anggota keluarga mengalami keseleo. Keseleo ringan bisa diobati sendiri di rumah.Namun sebaiknya Anda juga tidak usah memanggil tukang urut, karena jika salah mengurut, bisa-bisa bukan kesembuhan yang datang, namun keseleo yang bertambah parah.
Cara mudah mengobati keseleo dapat dilakukan dengan istirahat (rest), menggunakan es (Ice), menekan bagian yang keseleo (compress), dan meninggikan bagian yang keseleo (elevation). Jika disingkat, pengobatan keseleo dapat dilakukan dengan metode RICE.

1. Rest/istirahat.

cara mengobati kaki keseleo demam istirahat

Semakin digerakkan, persendian yang sedang mengalami keseleo akan semakin sakit. Oleh sebab itu, usahakan untuk mengistirahatkan daerah persendian sehingga bagian tersebut tidak bergerak terlalu banyak, atau jika memungkinkan tidak sama sekali bergerak.
➡ Baca Juga Cara Menghilangkan Mata Ikan
Hindari untuk menekan-nekan sendi yang keseleo, jangan memaksa untuk berjalan jika keseleo dialami pergelangan kaki, dan jangan mengangkat beban berat menggunakan tangan yang sedang keseleo, karena bisa-bisa robekan pada ligamen semakin parah.

2. Ice/Es

cara mengobati kaki keseleo dengan ice
Kompres es akan menurunkan temperatur tubuh di sekitar bagian yang dikompres. Temperatur yang dingin lebih mencegah rasa sakit dan timbulnya memar akibat keseleo. Jika suatu persendian mengalami keseleo, gunakan kompres es yang dibungkus dengan kain untuk diletakkan di bagian yang terkena keseleo.
Cukup 15 menit per jamnya, rasa sakit akan jauh berkurang. Namun pastikan es tidak secara langsung menyentuh bagian kulit karena bisa menyebabkan jaringan kulit rusak.

3. Compression/Penekanan

Untuk mencegah sendi terlalu banyak bergerak dan malah menyebabkan perobekan yang lebih parah, langkah selanjutnya untuk menangani keseleo adalah dengan memberikan penekanan pada bagian yang sakit. Gunakan kain atau perban untuk membungkus bagian persendian dan mengikatnya sehingga sendi tidak mudah berputar atau digerakkan.
Namun pastikan balutan dan ikatan tidak terlalu kencang agar tidak mengganggu peredaran darah. Jika terkena keseleo ringan, dengan 1-2 hari penekanan biasanya sendi sudah pulih kembali. Berbeda halnya jika keseleo tergolong berat, maka butuh waktu sekitar 2 minggu untuk memulihkan persendian.
➡ Baca Juga Makanan Pantangan Untuk Penderita Asam Urat
  1. Elevation/Pengangkatan
Seringkali penderita keseleo akan mengalami pembengkakan di bagian ligamen yang sedang robek, karena memang peredaran darah di dalamnya ikut robek sehingga menyebabkan darah sedikit menggumpal. Pembengkakan biasanya disertai pula dengan warna kulit yang lebih gelap dibanding sekelilingnya.
Untuk menghindari pembengkakan, ada baiknya untuk memosisikan bagian yang keseleo lebih tinggi dari jantung. Misalnya, jika keseleo dialami pada pergelangan kaki, berbaringlah dan gunakan bantal untuk menyangga kaki sehingga posisinya lebih tinggi dari jantung. Dengan begini, darah akan lebih lancar mengalir ke jantung sehingga pembengkakan dapat dihindari.
Selain dengan metode RICE, jika rasa sakit sangat tak tertahankan, Anda juga bisa memberikan obat-obatanberupa obat anti peradangan yang banyak dijual di pasaran, seperti ibuprofen, aspirin, atau acetaminofen, namun tentunya harus memperhatikan dosis yang dianjurkan dan hal ini tidak disarankan bagi anak-anak yang berusia dibawah 18 tahun.
➡ Baca Juga Cara Mengobati Cantengan
Apakah Keseleo Perlu Ditangani Dokter?
Sebetulnya keseleo ringan sangat biasa disembuhkan sendiri tanpa perlu ke dokter. Namun jika keseleo terjadi cukup parah dan rasa sakit semakin bertambah kian waktu, maka sudah waktunya Anda menemui dokter untuk berkonsultasi.
Dokter biasanya akan meneliti apakah Anda mengalami fraktura (patah tulang) dengan menjalankan proses pemeriksaan dengan sinar-X (rontgen). Jika setelah keseleo Anda mengalami hal-hal berikut, maka sudah waktunya untuk berkonsultasi dengan dokter:
  • Saat terjadi keseleo ada bunyi yang menyertai seperti tulang yang retak.
  • Sendi sama sekali tidak bisa digerakkan ke arah manapun saat cidera menerpa.
  • Mati rasa pada bagian sendi yang cidera.
  • Pembengkakan yang disertai dengan panas, nyeri, atau luka terbuka.
Demikianlah cara mengobati kaki keseleo yang sangat sederhana dan bisa dilakukan siapa saja. Cara mengingatnya pun mudah, yaitu dengan akronim RICE (Rest-Ice-Compression-Elevation), Anda tidak perlu lagi khawatir berlebihan saat ada anggota keluarga yang terkena keseleo.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengobati Kaki Keseleo dengan Metode RICE"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel