8 Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dan Ampuh


8 Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dan Ampuh


Cara Mengatasi Keputihan

Banyak wanita yang mengalami masalah keputihan. Sebenarnya keputihan merupakan hal yang wajar. Ini merupakan respon dari vagina untuk membersihkan diri dari infeksi dan iritasi. Keputihan mengacu pada keluarnya lendir dari vagina.

Lendir yang diproduksi oleh kelenjar dalam organ reproduksi ini keluar bersama dengan bakteri dan sel-sel mati. Keputihan biasanya terjadi diantara siklus menstruasi atau masa kehamilan. Pada masa kehamilan hal ini terjadi selama beberapa hari atau beberapa minggu.

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Ada banyak jenis keputihan namun keputihan yang normal berwarna bening hingga keputih-putihan serta tidak menimbulkan ketidaknyamanan seperti bau, gatal atau nyeri.
Keputihan yang tidak normal dapat menunjukkan adanya penyakit tertentu. Jika anda mengalami masalah ini, ada beberapa cara mengatasi keputihan yang bisa anda lakukan di rumah.

1. Cuka Sari Apel

Cara mengatasi keputihan dengan cuka sari apel

Cuka sari apel menjadi obat pertama yang bisa anda coba untuk mengatasi keputihan. Kandungan dalam cuka sari apel dapat dimanfaatkan untuk mengembalikan keseimbangan pH alami tubuh.
➡ Baca Juga Cara Memutihkan Kuku
Disamping itu, cuka sari apel juga mengandung antiseptik yang dapat mengembalikan normalitas vagina serta bisa mengurangi bau vagina. Anda bisa meminum segelas air yang telah dicampur dengan satu hingga dua sendok makan cuka sari apel sehari.

2. Okra

Sayuran satu ini mulai populer di Indonesia. Disamping disebut okra, di luar negeri sayuran ini disebut juga sebagai lady’s finger. Okra mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk untuk mengatasi keputihan. Kandungan dalam okra dapat digunakan untuk mengurangi produksi lendir termasuk mengurangi keputihan.
Cara penggunaannya dimulai dengan merebus sekitar 200 gram okra dalam satu liter air. Biarkan mendidih hingga air berkurang setengahnya. Cairan ini kemudian disaring dan dibagi menjadi tiga bagian. Minumlah tiga kali sehari selama satu minggu untuk mengatasi keputihan.

3. Delima

Buah delima, daun serta kulit delima mengandung khasiat yang bermanfaat untuk mengobati keputihan. Anda bisa mencoba segelas jus delima satu kali sehari selama satu bulan. Alternatif lain adalah dengan menggiling 30 daun delima dan 10 merica hitam. C
ampuran ini selanjutnya akan menghasilkan pasta, kemudian tambahkan setengah gelas air. Saring cairan ini kemudian minum dua kali sehari selama satu minggu untuk mendapatkan hasilnya.

4. Fenugreek

Biji fenugreek dapat digunakan untuk mengatasi tingkat pH yang tidak normal. Disamping memperbaiki pH vagina, biji fenugreek juga dapat mempengaruhi kadar estrogen dalam tubuh.
➡ Baca Juga Cara Menghilangkan Keriput
Manfaat lain dari biji fenugreek adalah kemampuannya untuk menguatkan imunitas tubuh secara alami. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan biji fenugreek sebagai obat keputihan.
Pertama, rendah satu sendok teh biji fenugreek dalam air selama semalaman, kemudian saring air dan tambahkan satu sendok teh madu. Cairan ini bisa anda minum dengan perut kosong.
Cara kedua adalah dengan merebus dua sendok teh biji fenugreek dalam empat cangkir air. Rebus hingga 30 menit, kemudian saring dan dinginkan. Air ini bisa digunakan untuk membasuh vagina tiga hingga empat kali sehari.

5. Daun sirih

Daun sirih dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan organ reproduksi wanita. Tidak heran jika daun sirih bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati keputihan. Jika anda ingin memanfaatkan daun sirih untuk mengobati keputihan, anda bisa merendam beberapa lembar daun sirih.
Rendah daun sirih selama kurang lebih dua jam dan air. Air rendaman kemudian dapat digunakan untuk membersihkan vagina. Saat ini juga telah tersedia banyak sabun produk yang mengandung ekstra daun sirih. Produk ini bisa dengan mudah anda temukan di pasaran.

6. Pisang

Cara mengatasi keputihan dengan pisang

Pengobatan satu ini pasti cukup menyenangkan terutama jika anda pecinta pisang. Pisang mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Nutrisi pisang dapat dimanfaatkan untuk meringankan gangguan reproduksi dan bisa anda gunakan untuk mengatasi keputihan.
➡ Baca Juga Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah
Pisang juga berguna untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Cara mengobati keputihan dengan pisang sangat mudah. Anda cukup memakan satu hingga dua buah pisang setiap hari. Anda juga memakan pisang bersama dengan susu atau madu setiap pagi.

7. Cranberry

Cranberry bukan hanya nikmat untuk dikonsumsi, buah ini juga dapat berguna dalam mengatasi keputihan. Buah cranberry mengandung anti-jamur, antioksidan dan antibiotik. Sifat ini dapat membantu mencegah bakteri menempel pada dinding Miss V dan melawan masalah keputihan.
Minumlah satu gelas jus cranberry murni tanpa gula dua hingga tiga kali sehari. Anda juga bisa mengkonsumsi tablet cranberry namun harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
➡ Baca Juga Cara Membuat Masker Beras Sendiri

8. Jahe

Cara mengatasi keputihan dengan jahe

Bahan selanjutnya yang dapat membantu mengatasi masalah keputihan adalah jahe. Jahe dapat mengurangi infeksi yang terjadi karena serangan bakteri di area vagina. Pemanfaatannya cukup dengan merebus 2 sendok teh jahe bubuk dalam 250 ml air. Biarkan hingga air berkurang setengahnya dan minum ramuan ini selama tiga minggu untuk meringankan gejala keputihan.
Berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil langkah atau pengobatan apapun bisa menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Ada banyak jenis keputihan yang berhubungan dengan masalah kesehatan.
Dokter dapat mengetahui dan mencari penyebab mengenai hal ini dan anda bisa mendapatkan pengobatan yang paling tepat. Sebelum terjadi keputihan sebaiknya anda memperhatikan kebersihan Miss V. Mencegah akan lebih baik daripada harus mengobati. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda lakukan agar terhindar dari keputihan:
  • Cuci pakaian dalam dengan larutan antibiotik atau air hangat dan biarkan kering di bawah sinar matahari
  • Hindari menggunakan pakaian dalam yang kotor
  • Hindari menggunakan pakaian dalam yang ketat
  • Hindari menggunakan pakaian dalam berbahan sintetis, anda bisa memilih pakaian dalam berbahan katun
  • Ganti pakaian dalam dua atau tiga kali setiap hari
  • Bersihkan Miss V secara menyeluruh dan basuh Miss V dari depan ke belakang
  • Pastikan Miss V kering dan tidak lembab setelah dibasuh. Anda bisa mengelap Miss V menggunakan tisu
  • Hindari menggunakan tisu dan pembalut beraroma
  • Hindari makanan berminyak dan kering, alkohol, kopi dan minuman bersoda.
  • Konsumsi yoghurt dan makanan bernutrisi seimbang
  • Coba lakukan olahraga ringan setiap hari
Cara mengatasi keputihan ini bisa dilakukan dengan mudah dengan bahan yang tidak sulit didapatkan.

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dan Ampuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel