6 Tanda Tumbuh Gigi Pada Bayi Yang Harus Anda Kenali



6 Tanda Tumbuh Gigi Pada Bayi Yang Harus Anda Kenali


Tanda Tumbuh Gigi Pada Bayi

Menjadi saksi atas setiap tumbuh kembang sang bayi merupakan suatu kebahagiaan yang tak terkira bagi kedua orang tuanya. Terlebih jika perkembangan bayi terus berjalan seimbang sesuai dengan pertambahan usianya.
Semakin bertambah usia bayi seharusnya memang semakin bertambah pula kemampuannya dan bertambah sempurna bagian-bagian tubuhnya. Salah satu pertumbuhan yang dialami oleh bayi dan dapat diamati oleh orang di sekitarnya adalah pertumbuhan gigi.
Sebenarnya gigi bayi sudah mulai dibentuk sejak ia masih berada di dalam kandungan. Pembentukan gigi pada bayi di dalam kandungan ini tentunya didukung oleh asupan kalsium dan fosfat dari sang ibu.
➡ Baca Juga 8 Cara Mengobati Rematik Secara Alami dan Terbukti Berhasil
Selain itu vitamin D dan juga berbagai hormon pertumbuhan lainnya ikut serta dalam pembentukan gigi pada bayi. Karenanya ketika seorang wanita sedang hamil, ia sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi segala makanan yang bergizi agar pertumbuhan berbagai organ pada bayi di dalam kandungannya pun dapat berlangsung dengan baik.

Kapan Gigi Pada Bayi Mulai Tumbuh?

Ketika baru lahir, tentunya sang bayi belum memiliki gigi sama sekali. Biasanya para orang tua sangat menantikan momen pertumbuhan gigi pertama dari sang bayi.
Dimulainya pertumbuhan gigi pada bayi memang tidak dapat disamakan antara satu bayi dengan bayi yang lainnya. Hal ini dikarenakan faktor nutrisi yang dimiliki oleh sang bayi terutama asupan kalsium yang diperolehnya sejak berada di dalam kandungan.
Meski tumbuhnya gigi dapat bervariasi pada setiap bayi, umumnya bakal gigi seorang bayi sudah mulai muncul ketiga bayi menginjak usia 3 bulan. Bahkan pada beberapa bayi bakal gigi ini sudah nampak ketika ia baru lahir. Selanjutnya ketika bayi menginjak usia 6 bulan gigi bayi sudah mulai terlihat pertumbuhannya.
Seperti yang sudah dijelaskan, kondisi ini tentunya sangat bergantung pada asupan kalsium sang ibu ketika mengandung, sehingga tentunya akan ada bayi yang giginya tumbuh pada usia kurang dari 6 bulan atau bahkan baru tumbuh ketika usianya lebih dari 6 bulan. Kondisi yang demikian tidak perlu dikhawatirkan.

Gigi Bagian Mana Yang Tumbuh Terlebih Dahulu?

Tidak ada patokan gigi bagian mana yang seharusnya tumbuh terlebih dahulu. Namun umumnya, dari kasus-kasus yang sudah pernah ada gigi bawah paling depan adalah gigi awal yang biasanya tumbuh pertama kali. Pada bagian ini gigi dapat tumbuh satu per satu ataupun sekaligus tumbuh sebanyak dua buah gigi.
Setelah gigi bawah depan muncul, gigi atas bagian depan pun mengikutinya. Sama seperti gigi bawah, pertumbuhan gigi atas ini pun dapat sekaligus dua buah ataupun satu per satu. Gigi yang tumbuh pada bagian ini (atas maupun bawah) berupa gigi seri yang berfungsi untuk memotong makanan.
Setelah kedua gigi depan tumbuh, di sebelah kanan dan kiri dari gigi yang telah tumbuh tersebut akan muncul kembali gigi seri yang disebut dengan istilah gigi seri samping. Kemudian setelah gigi seri samping ini muncul, gigi taring akan tumbuh di sebelahnya yang selanjutnya akan diikuti oleh pertumbuhan dua buah gigi geraham di belakangnya.
➡ Baca Juga 8 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Yang Ampuh
Pertumbuhan gigi-gigi tersebut tidak terlalu berpatokan pada usia bayi. Seorang bayi bisa mengalami pertumbuhan gigi-gigi tersebut dalam waktu yang lebih cepat atau bahkan lebih lambat. Tetapi umumnya, ketika seorang anak menginjak usia tiga tahun pertumbuhan giginya akan lengkap seluruhnya.

Tanda-Tanda Tumbuh Gigi Pada Bayi

Meskipun pertumbuhan gigi pada bayi tidak dapat diprediksi waktunya, namun umumnya seorang bayi yang giginya ingin tumbuh akan memperlihatkan beberapa tanda. Di antara tanda-tanda tersebut mungkin ada beberapa yang kondisinya dapat membuat ia merasa tak nyaman. Berikut ini adalah beberapa tanda yang biasa dialami oleh si kecil saat giginya ingin tumbuh:

1. Bayi Rewel

tumbuh gigi pada bayi bayi sering rewel

Jika gigi pada seorang bayi mau tumbuh, umumnya bayi tersebut akan menjadi lebih rewel dari biasanya. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan gigi akan mengakibatkan gusi menjadi robek. Rasa gatal dan nyeri pun akan dialami oleh sang bayi.
Oleh karena itu, bayi akan menjadi lebih rewel dari biasanya. Beberapa bayi mungkin akan rewel dalam beberapa jam saja, namun ada pula beberapa bayi yang terus rewel dalam waktu yang lama. Biasanya orang tua akan menjadi repot jika kondisi ini terjadi. Siasati bayi yang rewel ini dengan cara mengusap gusinya dengan handuk dingin atau memberi mainan yang khusus untuk digigit.

2. Demam

Demam adalah salah satu tanda yang dapat dialami oleh beberapa bayi ketika giginya ingin tumbuh. Seperti kondisi bayi yang rewel, demam akibat pertumbuhan gigi ini masih terbilang wajar selama demamnya tidak terlalu tinggi dan tidak dibarengi dengan muntah-muntah.
Demam yang terjadi ketika kondisi demikian dapat disebabkan karena adanya peradangan yang mungkin terjadi pada gusi akibat pertumbuhan gigi. Umumnya jika gigi sudah tumbuh, demam pada bayi pun akan hilang dengan sendirinya.

3. Ingin Menggigit Segala Sesuatu

tumbuh gigi pada bayi yaitu ingin menggigit segala sesuatu

Seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama, pertumbuhan gigi pada bayi akan menyebabkan robeknya gusi dan menimbulkan rasa gatal serta nyeri. Akibatnya, bayi pun jadi selalu ingin menggigit segala sesuatu dengan tujuan untuk meredakan rasa gatal dan nyeri tersebut.
➡ Baca Juga 12 Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Mudah Dan Tepat
Selain itu tekanan yang ditimbulkan oleh gigi yang akan keluar melalui gusi dapat menyebabkan bayi merasa tidak nyaman sehingga rasa ini dilampiaskan melalui gigitan. Jika bayi Anda mengalami hal ini sebaiknya berikanlah mainan khusus yang dapat digigit oleh sang bayi, tentunya yang terbuat dari bahan yang aman. Selain menjadi tempat pelampiasan gigitan sang bayi, mainan khusus untuk gigitan tersebut biasanya sudah didesain pula untuk dapat merangsang pertumbuhan gigi lainnya.

4. Mengeluarkan Air Liur Dalam Jumlah Lebih Banyak Dari Biasanya

Keluarnya air liur dari mulut seorang bayi sebenarnya adalah kondisi yang sangat wajar. Namun jika air liur tersebut keluarnya berlebihan bisa jadi ini merupakan tanda dari adanya pertumbuhan gigi. Perlu kita ketahui bahwa pertumbuhan gigi pada bayi akan merangsang pengeluaran air liur yang lebih banyak. Kondisi ini umum terjadi terutama pada bayi usia 10 minggu hingga 4 bulan.

5. Nafsu Makan Menurun

Beberapa bayi mengalami keluhan nafsu makan yang menurun akibat pertumbuhan gigi. Hal ini dapat disebabkan karena rasa sakit yang melanda gusi. Namun biasanya nafsu makan sang bayi akan kembali pulih jika gigi sudah benar-benar tumbuh.

6. Gusi Membengkak dan Merah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pertumbuhan gigi akan mengakibatkan gusi menjadi robek. Gusi yang robek tersebut selain menimbulkan rasa gatal dan nyeri juga dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak dan memerah.
➡ Baca Juga 8 Cara Menghilangkan Bekas Cacar di Wajah dan Kulit Secara Alami
Tak perlu khawatir dengan kondisi yang demikian karena seiring dengan pertumbuhan gigi, gusi yang membengkak dan merah pun akan semakin pulih. Demikian penjelasan singkat mengenai petumbuhan gigi pada bayi. Kondisi-kondisi yang telah disebutkan di sini merupakan gambaran secara umum yang biasanya terjadi pada bayi. Namun kondisi yang berbeda akan sangat mungkin dialami oleh bayi lainnya. Tak perlu khawatir selama kondisinya masih terbilang wajar. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Belum ada Komentar untuk "6 Tanda Tumbuh Gigi Pada Bayi Yang Harus Anda Kenali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel