12 Cara Menghilangkan Mata Ikan di Tangan dan Kaki Alami Tanpa Operasi




12 Cara Menghilangkan Mata Ikan di Tangan dan Kaki Alami Tanpa Operasi


Cara Menghilangkan Mata Ikan di Tangan dan Kaki

Mata ikan atau sering juga disebut dengan clavus, corn atau boil merupakan proses menebalnya kulit yang terjadi karena tekanan dan gesekan secara terus menerus. Mata ikan umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan kapalan, sedangkan pada bagian tengahnya keras atau membentuk keratin serta kulit disekitarnya merah meradang.
➡ Baca Juga 8 Cara Melebatkan Bulu Mata Secara Alami dan Terbukti Berhasil

Penebalan kulit yang terjadi secara terus menerus ini akan berubah menjadi mata ikan yang memberikan rasa nyeri untuk penderitanya yang umumnya terjadi pada telapak kaki. Hal yang memperngaruhi dari mata ikan ini diantaranya adalah cara berjalan, aktivitas, jenis alas kaki, berat badan yang menekan telapak kaki dan sebagainya. Mata ikan ini lebih sering dialami wanita karena penggunaan sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran.
Gejala Mata IkanMata ikan terbagi menjadi dua jenis yakni mata ikan keras yang berukuran sebesar kacang dengan bentuk tojolan keras dan kecil di bagian tengahnya yang disertai dengan pembengkakan dan nyeri. Sedangkan jenis kedua yakni mata ikan lunak merupakan mata ikan dengan warna keputihan dan teksturnya lunak yang sering timbul diantara jari kaki saat basah karena keringat yang juga disertai dengan rasa sakit dan infeksi dari jamur. Sedangkan untuk gejala dari kedua jenis mata ikan ini yakni:
  • Timbul rasa nyeri di permukaan kulit
  • Timbul tonjolan keras dan besar
  • Kulit berminyak, bersisik dan kering
  • Nyeri
  • Meradang
  • Berisi nanah atau cairan warna bening

Cara Menghilangkan Mata Ikan Secara Alami

Untuk cara menghilangkan mata ikan yang cukup menggangu karena rasa sakit yang ditimbulkan, bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan alami yang aman untuk digunakan dan cukup mudah ditemukan.

1. Soda Kue

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan mata ikan adalah dengan merendam area kulit yang mengalami mata ikan pada air hangat yang sudah ditambahkan dengan 3 sendok makan baking soda. Cara lain adalah dengan membuat pasta dari baking soda dengan sedikit air lalu oleskan pada mata ikan.

2. Teh Chamomile

Cara Menghilangkan Mata Ikan di Tangan dan Kaki dengan teh chamomile

Merendam kaki dalam air teh chamomile juga bisa menyejukan sekaligus mengubah pH kulit supaya tidak menghasilkan keringat berlebih penyebab dari mata ikan. Rendam kaki area mata ikan pada air teh chamomile selama beberapa saat lalu bilas dengan air sampai bersih.

3. Jus Lemon dan Aspirin

Campur 1 sendok makan jus lemon dengan 6 tablet aspirin yang sudah dihaluskan. Oleskan pasta tersebut pada area mata ikan dan bungkus atau tutup dengan plastik. Biarkan area mata ikan tetap terbungkus selama 10 menit sehingga akan melunakkan mata ikan. Sesudah itu, lanjutkan menggosok mata ikan dengan batu apung.

4. Garam Epsom

mengobati mata ikan dengan garam epsom

Mata ikan yang timbul pada tangan atau kaki juga bisa disembuhkan dengan mudah yakni menggunakan garam epsom. Garam epsom akan melembutkan area kulit yang mengalami mata ikan sehingga akan lebih mudah untuk dihilangkan sekaligus mencegah infeksi.
  • Isi bak mandi dengan air panas dan tambahkan dengan garam epsom.
  • Campur sampai rata dan gunakan untuk merendam selama 10 menit dan lanjutkan dengan menggosok mata ikan memakai batu apung.
  • Bilas sampai bersih untuk menghilangkan sel kulit mati lalu keringkan dan oleskan lotion untuk melebabkan area mata ikan pada kulit.

5. Cuka Apel

mengobati mata ikan dengan cuka apel


Cuka apel tidak hanya berguna untuk diet dan menyembuhkan berbagai penyakit dalam, namun juga bisa digunakan untuk menghilangkan mata ikan. Cuka apel akan melembutkan area keras pada mata ikan sekaligus mempercepat proses penyembuhan.
  • Rendam kapas dalam cuka apel asli secukupnya lalu aplikasikan pada kulit yang terkena mata ikan.
  • Biarkan selama 1 malam lalu lanjutkan dengan menggosok area mata ikan secara lembut memakai batu apung.
  • Untuk hasil terbaik, sesudah dibersihkan maka oles dengan minyak zaitun atau minyak kelapa dan lakukan sebanyak 1 kali dalam sehari.

6. Bawang Putih, Lemon, Cengkeh dan Chamomile

Salah satu cara menghilangkan mata ikan selanjutnya adalah dengan menggunakan chamomile. Chamomile bisa digunakan untuk memberikan efek menenangkan pada area mata ikan dan juga mengandung senyawa anti inflamasi yang akan mengurangi rasa sakit karena mata ikan tersebut.
  • Haluskan cengkeh, bawang putih, satu sendok teh chamomile kering serta 1 sendok teh sari jeruk lemon.
  • Campur sampai rata dan aplikasikan langsung pada mata ikan dan biarkan selama beberapa menit.
  • Lakukan cara ini sebanyak 1 sampai 2 kali sehari sampai mata ikan sembuh.
➡ Baca Juga 6 Cara Membersihkan Telinga Dengan Benar Dan Aman

7. Bawang, Lemon dan Garam

Bawang yang menjadi salah satu bumbu masak sehari-hari juga bisa digunakan untuk menyembuhkan mata ikan karena memiliki sifat anti inflamasi, anti mikroba dan juga tingkat keasaman atau pH yang serupa dengan kulit.
  • Iris tebal bawang lalu taburkan dengan sedikit garam serta beberapa tetes air sari lemon.
  • Oleskan potongan bawang tersebut pada mata ikan dan bungkus dengan perban lalu diamkan selama semalam.
  • Lakukan cara ini sebelum tidur setiap hari sampai mata ikan sembuh total.
  • Cara lainnya adalah dengan mengiris bawwang menjadi 2 bagian dan rendam dalam cuka putih atau cuka apel.
  • Tempelkan pada area mata ikan dan bungkus dengan plastik lalu biarkan selama semalam.
  • Esok paginya, lanjutkan dengan menggosok mata ikan memakai batu apung. Lakukan setiap hari supaya hasilnya maksimal.

8. Tepung Maizena

Obat mata ikan alami bisa menggunakan tepung. Tepung maizena bisa digunakan untuk mengurangi keringat berlebih di area kaki dan juga tangan, sekaligus mencegah infeksi bakteri serta infeksi jamur penyebab dari mata ikan. Cara yang harus dilakukan juga cukup mudah, yakni dengan menaburkan tepung maizena pada area kulit yang terkena mata ikan dan ratakan supaya terserap dengan baik.

9. Nanas

mengobati mata ikan dengan nanas

Nanas tidak hanya menjadi buah kaya akan air yang menyegarkan, namun juga bisa digunakan untuk menghilangkan mata ikan. Enzim yang terkandung di dalam nanas akan membantu dalam menghilangkan kapalan dalam waktu sekitar seminggu lebih.
  • Iris nanas lalu tempelkan pada area mata ikan dan balut dengan perban.
  • Ganti setiap beberapa jam sekali dan lakukan setiap hari selama seminggu.
➡ Baca Juga 8 Cara Mengobati Luka Bakar Agar Cepat Kering Secara Alami

10. Santan dan Jus Nanas

Perpaduan dari santan dan jus nanas juga akan sangat efektif untuk menyembuhkan mata ikan secara alami, tanpa efek samping dan dalam waktu yang cukup cepat.
  • Campurkan 2 sampai 3 gelas jus nanas dengan 1 gelas santan.
  • Rendam area kulit yang terkena mata ikan selama 20 sampai 25 menit dan lanjutkan dengan menggosok mata ikan yang sudah melunak.
  • Bilas sampai bersih dan lanjutkan dengan memberikan pelembab pada kulit. Lakukan sebanyak 1 sampai 2 kali dalam sehati sampai sembuh total.

11. Pisang

mengobati mata ikan dengan pisang

Pisang memang sudah dikenal sejak lama menjadi salah satu buah yang tinggi akan nutrisi dan salah satunya adalah untuk menyembuhkan mata ikan. Pisang sangat baik untuk melembutkan area permukaan mata ikan yang mengeras sehingga lebih mudah untuk disingkirkan.
  • Haluskan pisang yang sudah matang sampai lembut dan menjadi pasta.
  • Oleskan pasta pisang tersebut di area mata ikan dan biarkan sampai 20 menit.
  • Bersihkan dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang lembut dan lakukan setiap hari selama seminggu.

12. Lidah Buaya

Sifat pelembab yang terkandung di dalam lidah buaya akan menjaga kulit tetap dalam keadaan yang halus dan hasilnya mata ikan akan lebih mudah disingkirkan. Dalam lidah buaya juga mengandung anti bakteri yang akan menghambat perkembangan pertumbuhan bakteri di sekita mata ikan.
  • Celupkan kapas pada gel atau lendiri lidah buaya dan oleskan pada area kulit yang terkena mata ikan.
  • Bungkus kapas tersebut dengan perban dan biarkan selama semalam.
  • Esok paginya, buka perban dan bilas dengan air hangat.
  • Ulangi cara ini sebanyak 2 kali sehari sampai mata ikan bisa sembuh total.Pengobatan dengan cara alami ini bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan mata ikan tanpa perlu menimbulkan efek samping dan juga mudah untuk ditemukan.
Beberapa cara menghilangkan mata ikan yang kami berikan sudah terbukti bisa mengobati salah satu masalah kulit ini dengan ampuh.

Belum ada Komentar untuk "12 Cara Menghilangkan Mata Ikan di Tangan dan Kaki Alami Tanpa Operasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel