7 Cara Mengecilkan Pori-Pori Kulit Yang Mudah dan Alami



7 Cara Mengecilkan Pori-Pori Kulit Yang Mudah dan Alami


cara mengecilkan pori-pori

Pori-pori yang membesar akan membuat kulit terlihat kasar dan tidak halus. Hal tersebut juga menyebabkan berbagai masalah seperti jerawat dan komedo, terutama bagi mereka yang memiliki kulit jenis berminyak. Sel-sel kulit mati, juga debu dan bakteri cenderung berpotensi menyumbat pori-pori.
Salah satu hal yang menyebabkan por-pori terus membuka dan membesar adalah paparan sinar matahari dalam waktu lama yang menyebabkan kerusakan kolagen dan menurunkan elastisitas sel kulit di bagian pori-pori.
Selain itu, pori-pori yang membesar juga bisa disebabkan oleh genetik, stres, dan usia yang terus bertambah atau kosmetik yang kurang cocok dengan kulit.

Cara Mengecilkan Pori-Pori Dengan Bahan Alami

Sebelum Anda buru-buru belanja produk kecantikan untuk mengecilkan pori-pori, sebaiknya Anda cermati dahulu beberapa cara mengecilkan pori-pori dengan bahan alami berikut.

1. Es

cara mengecilkan pori-pori dengan es

Es adalah bahan yang sangat sederhana dan praktis serta dengan cepat mampu mengecilkan pori-pori kulit. Es bekerja dengan cara mengencangkan sel-sel kulit, sehingga membuat pori-pori merapat dan mengecil. Es sangat baik digunakan sebelum Anda mengaplikasikan make up, sehingga walaupun kulit wajah tertutup polesan kosmetik, sirkulasi di dalam jaringan kulit tetap lancar sehingga kulit pun tetap sehat.
➡ Baca Juga 6 Cara Membersihkan Telinga Dengan Benar Dan Aman
Untuk menggunakan es, sebaiknya jangan langsung menempelkan es ke wajah. Balut terlebih dahulu es dengan kain bersih dan kompreskan pada bagian hidung atau bagian lainnya yang terlihat pori-pori membesar. Diamkan selama 15-30 detik setiap hari sebelum menggunakan kosmetik. Lakukan rutin setiap hari, namun jika sudah ada kemajuan, frekuensi pemakaian bisa dikurangi.
Jika hal ini terasa merepotkan, Anda bisa mencuci wajah menggunakan air es sekali sehari. Penggunaan es juga bisa digabungkan dengan bahan lain yang menyehatkan kulit seperti parutan mentimun, jus apel, teh hijau, atau air mawar.

2. Cuka Apel

Cuka apel berfungsi sebagai zat astringen natural bagi kulit serta toner alami yang mampu mengencangkan kulit, mengurangi diameter pori-pori, serta menyeimbangkan pH kulit. Selain itu, cuka apel yang sedikit asam ini juga sangat ampuh sebagai anti bakteri dan anti peradangan yang mencegah jerawat. Lakukan langkah-langkah berikut untuk mengecilkan pori-pori menggunakan cuka apel:
Caranya:
  • Campurkan cuka apel dan air dalam perbandingan yang sama 1:1. Jumlah bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang.
  • Gunakan kapas untuk menyerap campuran ini, kemudian gunakan untuk menyegarkan wajah atau membersihkan makeup.
  • Diamkan selama beberapa menit hingga cairan cuka apel mengering.
  • Bilas dengan air dingin dan jika perlu lanjutkan perawatan menggunakan pelembab.
  • Rasakan hasilnya setelah beberapa minggu, kulit terlihat jauh lebih halus dengan pori-pori yang sudah mengecil.

3. Putih Telur

cara mengecilkan pori-pori dengan putih telur

Jika pori-pori besar Anda terutama sangat terlihat di bagian hidung, maka putih telur dapat menjadi salah satu bahan alami yang mampu mengatasinya. Putih telur mampu mengencangkan kulit, dan juga menghilangkan minyak berlebih pada kulit. Untuk menggunakan putih telur, lakukan langkah-langkah berikut:
Caranya:
  • Pisahkan putih telur dari kuningnya, simpan kuning telur untuk keperluan lain.
  • Kocok terlebih dahulu putih telur hingga teksturnya kaku.
  • Tambahkan perasan lemon (sebagai alternatif, namun jika tidak dilakukan pun tidak masalah).
  • Oleskan ke bagian pori-pori yang melebar, diamkan hingga kering seutuhnya.
  • Lakukan 1-2 kali seminggu untuk hasil yang masksimal.
➡ Baca Juga 8 Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dan Ampuh

4. Scrub Dengan Gula

Dengan menggunakan scrub gula, pori-pori bisa mengecil karena gula dengan teksturnya yang bergerindil mampu mengelupas sel kulit mati, mengangkat minyak berlebih dan kotoran lainnya yang mengisi pori-pori sehingga pori-pori wajah pun bersih dan mengecil. Lakukan hal berikut untuk membuat scrub gula :
Caranya:
  • Campurkan 2 sdm gula, satu sdm minyak zaitun, dan beberapa tetes perasan lemon.
  • Gunakan untuk memaskeri bagian kulit yang ingin dikecilkan pori-porinya.
  • Pijat perlahan dan diamkan selama 10-15 menit.
  • Lakukan rutin selama 1-2 kali dalam seminggu.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa mengiris leon dan menaburkan gula di bagian dalam buahnya, kemudian menggunakan lemon untuk menggosok pori-pori kulit.

5. Baking Soda

Baking soda dapat berperan sebagai pengelupas sel kulit mati yang baik, mengurangi minyak yang tertimbun sehingga membuat pori-pori melebar, dan menjaga pH kulit sehingga pori-pori mengecil dan kulitpun bebas dari jerawat atau komedo. Lakukan langkah berikut untuk menggunakan baking soda:
Caranya:
  • Campurkan 2 sdm baking soda dan 2 sdm air hangat. Baking soda akan terlihat membentuk gelembung. Diamkan hingga gelembung berkurang dan tersisa air campuran.
  • Aplikasikan baking soda cair tersebut ke pori-pori yang terbuka, pijat dengan gerakan memutar selama 30 detik.
  • Bilas dengan air dingin. Lakukan rutin sekali sehari selama satu minggu.
➡ Baca Juga 12 Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Mudah Dan Tepat

6. Perasan Lemon

Perasan lemon mengandung asam sitrat yang mampu mengelupas kulit mati dan meminimalisir terbukanya pori-pori dengan lebar. Perasan lemon juga mampu mengurangi bintik hitam pada kulit. Untuk menggunakan perasan lemon, lakukan langkah berikut:
Langkah-Langkah Pembuatan:
  • Campurkan satu sdt madu dengan beberapa tetes perasan lemon.
  • Aplikasikan campuran ini ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit.
  • Lakukan secara rutin paling tidak sekali sehari selama satu bulan, kemudian rasakan hasilnya yang sangat menakjubkan.
➡ Baca Juga 4 Cara Membuat Masker Alpukat Untuk Kecantikan Wajah

7. Mentimun

Mentimun bekerja sangat baik sebagai zat astringen yang mampu mengecilkan pori-pori yang terbuka. Selain itu, mentimun juga mampu meningkatkan tekstur kulit dan memberikannya kilau yang sehat. Untuk menggunakan mentimun, lakukan langkah-langkah berikut:
Caranya:
  • Parutlah satu buah mentimun dan peras airnya. Tambahkan perasan lemon jika suka.
  • Gunakan air perasan mentimun untuk dioleskan ke bagian pori-pori yang bermasalah dengan menggunakan bantuan kapas.
  • Diamkan selama 15-20 menit hingga mengering.
  • Bilas dengan air dingin.
Demikianlah 7 macam cara yang bisa Anda coba untuk mengecilkan pori-pori dan memoles kulit sehingga lebih sehat dan sedap dipandang. Yuk gunakan bahan alami yang mudah dan pasti aman untuk kulit!

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Mengecilkan Pori-Pori Kulit Yang Mudah dan Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel