8 Cara Mengobati Gusi Bengkak Menggunakan Bahan Alami Tradisional



8 Cara Mengobati Gusi Bengkak Menggunakan Bahan Alami Tradisional



Kita bisa mengalami banyak masalah mulut yang menganggu. Disamping sakit gigi, gusi bengkak juga bisa menjadi masalah. Gusi bengkak bisa menyebabkan nyeri yang berdenyut. Bukan hanya memberi rasa tidak nyaman, aktivitas anda juga dapat terganggu karena hal ini. Gusi bengkak biasanya terjadi karena adanya peradangan yang membuat gusi mengalami beberapa perbedaan.
Gusi yang mengalami radang biasanya berwarna lebih gelap dibandingkan gusi normal. Keadaan ini juga membuat penderita merasakan nyeri yang berdenyut-denyut pada gusi. Disamping itu, gusi bengkak juga lebih menonjol. Terkadang gusi juga menjadi lebih mudah berdarah saat gosok gigi atau membersihkan gigi.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Gusi bengkak juga dapat terjadi karena kekurangan nutrisi, infeksi, penggunaan gigi palsu atau peralatan gigi yang kurang tepat, merokok atau penggunaan produk tembakau lainnya atau sensitif terhadap pasta gigi dan obat kumur. Gusi bengkak menimbulkan rasa nyeri dan tentunya rasa tidak nyaman. Anda bisa mengobati gusi bengkak dengan menggunakan bahan yang ada di rumah. Jika gusi bengkak tidak juga membaik setelah dua minggu, maka akan lebih bijak jika anda menghubungi dokter gigi. Berikut ini cara mengobati gusi bengkak dengan mudah:

1. Air garam

Air garam menjadi pengobatan kuno yang tetap efektif digunakan saat ini. Air garam mengandung desinfektan alami, dimana ia dapat membantu mengurangi mikroba jahat yang menyebabkan gusi bengkak. Anda cukup memasukkan setengah hingga satu sendok teh makan garam ke dalam setengah gelas air hangat. Aduk hingga garam tercampur rata. Anda bisa menggunakan cmpuran ini untuk berkumur dua hingga tiga kali sehari untuk mengurangi bengkak.
➡ Baca Juga 12 Cara Menghilangkan Mata Ikan di Tangan dan Kaki Alami Tanpa Operasi

2. Lemon


cara mengobati gusi bengkak dengan lemon


lemon
Lemon memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam mulai dari kalsium, potassium, vitamin C, vitamin A dan serat pektin. Buah ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang tentunya baik dalam mengobati masalah gusi bengkak. Alkali yang terkandung dalam lemon juga menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut. Anda bisa memerah setengah buah lemon dan mencampurnya dengan segelas air hangat. Gunakan campuran ini untuk berkumur satu hingga dua kali sehari.

3. Minyak cengkeh

Cengkeh menjadi salah satu solusi kuno untuk mengatasi sakit gigi. Hal ini juga bisa anda gunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Eugenol dalam cengkeh mengandung antioksidan serta anti-inflamasi yang baik untuk meringankan gejala gusi bengkak hingga sakit gigi.
➡ Baca Juga 9 Buah Untuk Menurunkan Darah Tinggi Yang Sehat Dan Aman

Pertama yang perlu anda lakukan adalah mencampurkan 2 tetes minyak cengkeh dalam setengah sendok teh minyak zaitun. Gunakan larutan ini untuk merendam bola kapas. Oleskan bola kapas di sekitar gusi yang bengkak dan biarkan bola kapas menempel di gusi untuk beberapa saat.

4. Minyak Jarak

Minyak jarak mengandung sifat antivirus, antijamur, antibakteri, anti-inflamasi serta analgesik. Kandungan tersebut membuat minyak jarak sangat baik untuk mengatasi gusi bengkak. Gosokkan minyak jarak pada gusi yang mengalami pembengkakan selama beberapa menit.

5. Kompres Panas dan dingin

Kompres menjadi salah satu cara sederhana untuk mengatasi pembengkakan. Kompres dingin atau dengan air es bisa anda gunakan jika bengkak terjadi tanpa rasa sakit, namun jika terasa sakit anda bisa memanfaatkan kompres hangat. Kompres dingin akan menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan sementara kompres hangat efektif dalam mengurangi rasa sakit.
➡ Baca Juga 8 Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dan Ampuh
Jika bengkak terasa sakit, maka kompres dingin dan hangat bisa anda gunakan secara bergantian. Kompres hangat bisa anda dapatkan dengan merendam kain atau handuk bersih dalam air hangat sementara kompres dingin bisa diperoleh dengan membungkus es batu menggunakan handuk atau kain bersih. Anda bisa meletakkan kompres pada pipi atau wajah yang mengalami nyeri gusi. Biarkan beberapa saat kemudian ulangi kembali proses ini.

6. Lidah Buaya


cara mengobati gusi bengkak dengan lidah buaya


Sebuah riset menunjukkan lidah buaya efektif untuk mengatasi kondisi periodontal. Gel lidah buaya memiliki sifata antibakteri, antioksidan, antivirus, antijamur dan anti-inflamasi yang membantu melawan berbagai penyakit mulut.
Bukan saja mengurangi pembengkakan, kandungan ini juga mengurangi perdarahan pada gusi. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya sebagai pasta gigi yang digunakan tiga hingga empat kali sehari. Gel lidah buaya juga bisa ditambahkan ke dalam segelas air untuk digunakan berkumur.

7. Kunyit

Salah satu ayurvedic sekaligus obat rumahan yang terkenal adalah kunyit. Bahan ini juga dikenal baik dalam mengatasi gusi bengkak. Kandungan curcumin yang bersifat anti-inflamasi dan antioksidan akan mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Kunyit juga akan mencegah penyebaran bakteri yang menyebabkan masalah mulut.
Campurkan seperempat sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Anda cukup mengoleskan pasta ini pada gusi dan biarkan selama beberapa menit. Selanjutnya berkumurlah dengan air hangat untuk membilas pasta tersebut. Anda bisa mengulanginya dua kali sehari selama satu hingga dua minggu.

8. Jahe


cara mengobati gusi bengkak dengan jahe


Jahe menjadi agen anti-inflamasi yang terkenal. Antioksidan dalam jahe akan menghambat produksi senyawa yang menyebabkan peradangan. Anda bisa memperoleh manfaat ini dengan membuat pasta jahe dengan menggilingnya kemudian menambahkan sejumput garam. Bisa menambahkan sedikit air jika perlu. Oleskan pasta ini ke gusi dan ulangi dua hingga tiga kali sehari.

Disamping cara mengobati gusi bengkak di atas, nutrisi yang tepat dan seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi. Konsumsi cukup vitamin C, kalsium dan asam folat untuk mencegah gusi bengkak. Anda juga perlu menyikat gigi secara teratur namun jangan menyikat gigi terlalu kasar karena akan mengganggu gusi.
Ketika terjadi bengkak, hindari produk yang mengandung alkohol dan tembakau karena bisa memperburuk pembengkakan. Perbanyak juga konsumsi air putih untuk merangsang produksi air liur dan membantu membunuh bakteri, serta kurangi stres untuk mencegah kondisi memburuk.

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Mengobati Gusi Bengkak Menggunakan Bahan Alami Tradisional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel