10 Cara Mengobati Bisul Dengan Bahan Herbal Tradisional Yang Ampuh





10 Cara Mengobati Bisul Dengan Bahan Herbal Tradisional Yang Ampuh


cara mengobati bisul



Bisul merupakan benjolan merah yang terjadi pada permukaan kulit yang menimbulkan rasa sakit dan juga mengeluarkan nanah. Bisul ini terjadi karen adanya infeksi dari bakteri sebagai pemicu inflamasi di folikel rambut yang menjadi tempat tumbuhnya rambut. Beberapa bagian tubuh yang sering mengalami bisul adalah kelopak mata, bokong, bahu, paha dan beberapa area kulit lainnya.
Gejala Bisul
  • Gejala utama yang muncul dari bisul adalah benjolan berwarna merah di permukaan kulit berukuran kecil, bengkak dan hangat jika disentuh.
  • Gejala ini menjadi indikasi jika infeksi sudah menyebar ke area kulit di sekeliling bisul.
  • Benjolan semakin bertambah besar dan berisi nanah.
  • Bengkak tidak sembuh lebih dari 14 hari.
  • Timbul pada area wajah, punggung dan hidung.
Penyebab Bisul
Bisul bisa terjadi karena adanya bakteri Staphylococcus aureus bisa bisa timbui pada area kulit serta hidung dalam manusia tanpa terjadi infeksi. Infeksi akan terjadi dengan cara bakteri yang masuk lewat folikel karena tersayat atau luka gores dan juga gigitan serangga seperti nyamuk.

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Bakteri yang ditimbulkan dari bisul ini juga bisa menyebar ke area lain pada tubuh dan akan menyebabkan selulitis, luka melepuh atau menyebar ke tulang. Untuk menyembuhkan bisa dilakukan dengan beberapa cara mengobati bisul memakai bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar dan beberapa tips tersebut akan kami ulas pada kesempatan kali ini.

1. Bawang Merah

Bawang merah menjadi salah satu cara alami untuk menenangkan kulit dan juga menyembuhkan infeksi dari bakteri yang menjadi penyebab bisul tersebut. Dalam bawang mengandung anti mikroba dan juga memberikan nutrisi pada kulir serta darah sekaligus memiliki sifat antiseptik sehingga sangat baik untuk digunakan menyembuhkan bisul.
Dalam bawang merah juga mengandung 25 senyawa aktif seperti flavonoid, kalium, antiseptik, anti jamur, analgesik, antikoagulan dan sebagainya yang akan bekerja untuk meredakan radang akibat bisul sekaligus mengeluarkan nanah yang ada pada bisul tersebut.
  • Iris bawang merah dan tempelkan pada bisul lalu tutup dengan perban.
  • Ganti irisan bawang setiap 3 sampai 4 jam sekali.
  • Cara lain adalah dengan merebus beberapa siung bawang merah lalu gunakan air rebusan bawang merah tersebut untuk membilas area bisul yang sakit dan meradang.

2. Basil

Cara mengatasi bisul yang kedua adalah menggunakan Basil. Dalam basil mengandung bahan aktif yakni E-beta caryophyllene dengan khasiat sebagai anti inflamasi sehingga sangat ampuh digunakan untuk mengatasi bisul sekaligus mengurangi bengkak yang terjadi pada bisul.
Cara pengunaannya adalah dengan menghaluskan basil lalu mengaplikasikannya langsung pada bisul. Supaya hasil bisa maksimal, tambahkan juga dengan pasta daun neem yang juga memiliki sifat anti bakteri sehingga membantu proses penyembuhan bisul lebih cepat.
➡ Baca Juga 8 Cara Menghaluskan Rambut Yang Ampuh dan Alami

3. Bawang Putih


cara mengobati bisul dengan bawang putih


Seperti halnya bawang merah, bawang putih juga memiliki banyak nutrisi penting untuk mengobati bisul. Beberapa kandungan dalam bawang merah diantaranya adalah compounds, belerang, allicin, ajoene, anti bakteri, anti inflamasi serta anti virus.
  • Haluskan 2 sampai 3 siung bawang putih dengan sedikit air hingga menjadi pasta.
  • Oleskan pada permukaan bisul lalu bungkus dengan perban dan diamkan selama 10 sampai 15 menit dan lakukan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari supaya hasil yang didapat bisa maksimal.

4. Kentang

Kentang memiliki kandungan vitamin C tinggi, vitamin B Kompleks, mangan, kalsium, fosfor, magnesium dan juga besi yang akan menambah kesehatan kulit. Dalam kentang juga mengandung alkaloid, tanin serta flavonoid serta antiseptik dan anti inflamasi yang berguna untuk mengurangi rasa sakit sekaligus menyembuhkan bisul dengan cara yang aman dan cepat.
  • Iris kentang dan tempelkan pada bisul dan ganiti irisan kentang dengan yang baru secara berkala.
  • Cara lain adalah dengan menghasluskan kentang mentah lalu celupkan kapas pada sari kentang dan tempelkan pada bisul.
  • Lakukan sebanyak 4 sampai 5 kali dalam sehari sampai bisul sembuh.
➡ Baca Juga Cara Mengobati Batuk Berdahak Mudah, Cepat dan 100% Alami

5. Garam Epsom


cara mengobati bisul dengan garam


Cara menghilangkan bisul juga bisa dilakukan menggunakan garam epsom. Nama lain yang sering digunakan untuk menyebutkan garam epsom adalah magnesium sulfate yang juga menjadi salah satu cara menghilangkan bisul dengan cepat. Mengompres bisul dengan air hangat akan membuat saluran nanah terbuka dan garam epsom akan menarik racun sehingga bengkak akan mengempis sekaligus mengurangi rasa sakit berkurang.
  • Isi baskom dengan air hangat lalu tambahkan dengan garam epsom dan lakukan setiap hari sampai bisul bisa sembuh.
  • Cara berikutnya adalah dengan kompres bisul memakai campuran air dan garam epsom lalu celupkan kapas dan tempelka pada bisul selama 15 menit dan dilakukan sebanyak 3 sampai 4 kali sehari.

6. Minyak Habbatussauda

Cara mengobati bisul dengan minyak habbatussauda. Minyak yang juga dikenal dengan nama minyak jinten hitam ini juga mengandung banyak nutrisi seperti antioksidan, anti inflamasi serta anti bakteri yang berfungsi untuk menyembuhkan bisul tersebut. Sifat aktif yang dimiliki pada minyak habbatusauuda. Dalam biji jinten juga mengandung senyawa aktif bernama Thymoquinone yang berguna untuk memperkuat sistem imun tubuh serta mengobati infeksi kulit seperti bisul.
➡ Baca Juga 8 Cara Mengobati Gusi Bengkak Menggunakan Bahan Alami Tradisional

7. Daun Sirih


cara mengobati bisul dengan daun sirih


Cara mengobati bisul menggunakan daun sirih sudah sejak lama digunakan dalam ritual India yang juga dipakai oleh Ayurveda yang daun yang memiliki sifat baik untuk kesehatan dan mengatasi berbagai masalah penyakit seperti bisul. Kandungan feno yakni chavicol yang ada pada daun sirih memiliki senyawa anti septik yang sangat tinggi. Sedangkan minyak atsiri yang terkandung didalamnya juga bersifat anti protozoa, anti jamur serta anti bakteri.
  • Hangatkan daun sirih yang sudah dibersihkan lalu oles dengan minyak jarak dan aplikasikan pada bisul.
  • Bungkus dengan perban dan ganti daun sirih setiap 1 jam sekali.

8. Minyak Jarak atau Castor

Minyak jarak atau castor merupakan minyak yang didapat dari proses ekstrasi biji tanaman jarak yang bermanfaat untuk mengobati banyak macam penyakit termasuk bisul. Asam ricinoleat yang ada pada minyak jarak sangat baik untuk meredakan sakita yang ditimbulkan dari ekstrak minyak jarak tersebut.
Minyak jarak juga mengandung anti inflamasi, anti jamur, anti virus dan juga anti bakteri yang akan mengatasi bisul dalam waktu cepat.
➡ Baca Juga 8 Cara Mengobati Rematik Secara Alami dan Terbukti Berhasil

9. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh mempunyai sifat anti jamur, anti mikroba serta antibitotik yang sudah digunakan sejak lama untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti salah satunya adalah bisul, kurap serta psosiaris.
  • Bersihkan bisul dan area sekitarnya dengan air hangat lalu teteskan tea tree oil dan gosok pada bisul secara lembut.
  • Pakai perban untuk menutup bisul dan lakukan sebanyak 2 sampai 3 kali sehari sampai bisul sembuh.

10. Kompres Air Hangat

Dengan mengompres area bisul memakai air hangat, maka bisul akan dilunakkan lebih cepat. Tambahkan sedikit garam pada air kompres supaya rasa sakit bisa dikurangi dan juga mengeluarkan nanah lebih cepat.
  • Cuci area sekita bisul dengan sabun ringan dan air hangat yang sudah ditambahkan dengan garam.
  • Masukkan handuk bersih dalam air hangat yang juga sudah diberi garam dan peras.
  • Kompres area bisul dengan handuk tersebut selama 10 sampai 15 menit dan gunakan handuk baru untuk mengompres area bisul tersebut yang diulangi sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari.
Apabila ukuran bisul besar atau karbunkel, maka anda perlu mengunjungi dokter sehingga bisa mendapatkan penanganan khusus. Dokter umumnya akan membedah bisul untuk mengeluarkan nanah dan memberikan antibiotik untuk menyembuhkan bisul tersebut.
Demikian beberapa cara mengobati bisul paling ampuh memakai bahan herbal yang bisa kami berikan kali ini, semoga bisa bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Mengobati Bisul Dengan Bahan Herbal Tradisional Yang Ampuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel